Perawatan Mobil: 8 Tips & Kiat Merawat Mobil


Mobil merupakan sarana transportasi yang seringkali digunakan oleh kita untuk melindungi  dari panas dan hujan. Sarana transportasi yang memudahkan manusia untuk pergi kemana saja dengan bantuan mesin ini merupakan suatu hal yang perlu dirawat dan dijaga kebugaran mesin mobil tersebut.
Pada hakikatnya kerusakan mesin merupakan akibat kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil . Sehingga banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang akibat kelalaian manusia dalam menjaga dan merawat mesin mobil mereka mulai dari Rem blong, kopling mobil, mesin mobil, suspensi mobil, ban dan lain sebagainya.

Berikut ini perawatan mobil : Tips kiat merawat mobil agar mesin mobil tetap prima  perkasa dan komponen mobil terjaga, awet tahan lama. 8 kiat merawat mobil bisa anda terapkan pada kendaraan roda empat anda.
  1. Ganti oli, Usahakan mengganti oli kendaraan anda secara rutin setiap penggunaan yang berjarak 3000-5000 mil. Ini mencegah kerusakan pada mesin yang ada dalam mobil agar tetap awet dan nyaman ketika digunakan.
  2. Rutin periksa Ban, Ketika anda ingin bepergian atau menggunakan mobil seyogyanya selalu periksa ban anda. Baik itu tekanan maupun ketebalan ban. Untuk menghindari kerusakan atau bahkan kecelakaan yang diakibatkan karena kurangnya tekanan atau ban bocor di Jalan raya.
  3. Periksa minyak pelumas, beberapa cairan dan minyak pelumas yang perlu secara berkala dan rutin diperiksa diantaranya adalah Power steering, rem, antibeku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi. Berfungsi untuk melancarkan komponen mobil dalam bekerja.
  4. Knalpot, Untuk salah satu komponen mobil ini pastikan tidak ada yang menyumbat gas buangan mobil ini serta pastikan aliran udara berjalan dengan baik.
  5. Baterai dan Kabel, Bersihkan secara berkala juga posting baterai bila perlu serta waspadai koneksi untuk korosi. Periksa cairan baterai kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaan.
  6. Sabuk mesin, Pastikan sabuk mesin pada setiap knicks terikat dengan benar pada tempatnya. Untuk menghindari hal-hal yang justru mengakibatkan kerusakan lebih fatal karena kurangnya perawatan.
  7. Lampu Mobil, Perawatan lampu mobil dengan memastika lampu depan belakang masi bekerja juga perlu diperhatikan demi kenyamanan anda dalam berkendara, segera periksa dan segera ganti lampu mobil anda jika terjadi kerusakan.
  8. Wiper, Komponen ini sangat penting juga perlu pemeriksaan dan dijaga untuk menjaga agar kaca mobil tetap bersih dan bening sehingga tidak menghalangi padangan.
Perawatan mobil seperti sudah sepantasnya mendapatkan perhatian khusus demi menjaga umur mesin agar tetap awet dan tahan lama. Karena seperti sebuah ungkapan lebih baik mencegah daripada mengganti baru yang justru akan lebih mahal tentunya. Semoga dengan perawatan mobil secara rutin dalam menjaga performa mobil dalam keadaan baik bisa menghindarkan serta mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air