Rabu, 28 Maret 2012

Tahap-Tahap Installasi SLES

Rabu, 28 Maret 2012

Mungkin sebagian orang hanya mengenal uBuntu sebagai sistem operasi yang berjalan pada kernel linux. Sehingga saat mendengar kata SLES akan sedikit bingung. Sebelumnya kami akan menjelaskan bahwa SLES adalah Sistem Operasi Server Perusahaan yang merupakan komponen SLE yang berjalan dari keluarga Linux.

SLES juga bagian dari SUSE linux. SUSE Linux awalnya merupakan distro Slackware terjemahan bahasa Jerman. Terdapat sejumlah informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E berhubungan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse karena pengucapan namanya yang sama. Namun siapa yang tahu pasti, yang jelas ini merupakan sistem operasi dengan tingkat keamaanan yang tinggi.
Langsung saja kita kepada tahap Installasinya. untuk menginstall SLES di server langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Anda haru mengatur urutan booting server Anda agar dapat melakukan booting dari CD atau DVD drive.
2. Masukkan DVD installasi SLES SP1 ke dalam DVD drive Komputer atau Laptop Anda, dan hidupkan server. Untuk pertama booting dengan DVD installer SLES akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Pada pilihan menu yang ada, pilihlah Installation kemudian tekan enter.




3. Selanjutnya proses loading installer akan segera menjalankan proses instalasi seperti gambar dibawah ini:






4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menyetujui lisensi yang berlaku untuk menginstall SLES di server Anda seperti tampilan dibawah ini:


5. Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan pengecekan terhadap media instalasi yang digunakan, hal ini perlu untuk mencegah gagal install karena DVD yang sudah cacat dan lain sebagainya. Namun jika Anda enggan, Anda dapat dengan mudah mengabaikan prosedur ini.


6. Langkah berikutnya installer akan melakukan pemindaian dan mendata perangkat keras (hardware) yang digunakan oleh server, proses ini akan memakan waktu beberapa saat sebelum dilanjutkan ke proses selanjutnya.


7. Pada tahap ini installer akan meminta Anda untuk memilih pilihan instalasi yang ada, apakah install dari baru, ataupun mengupgrade dari sistem SLES versi lama. Karena disini kita install baru, maka pilih New Installation.



8. Di langkah ini Anda akan diminta untuk menentukan posisi lokasi tempat tinggal Anda, dan zona waktu yang Anda gunakan. Hal ini diperlukan untuk menentukan jam server Anda nantinya.


9. SLES sudah mendukung virtualisasi, untuk itu disini diberikan pilihan tersebut. Untuk keperluan install Zimbra pilihan jatuh pada pilihan yang pertama, Physical Machine (Also for Full Virtualized Guest)


10. Pada langkah ini adalah menampilkan rangkuman apa saja yang akan di install, jika Anda puas dengan rangkuman tersebut Anda dapat langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya. Namun untuk keperluan Zimbra, Anda harus mehilangkan AppAmor. Caranya klik pada “Software


11. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman detail pilihan software, disini Anda cari Novell AppAmor dan hilangkan tanda centangnya kemudian klik OK.


12. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menyetujui lisensi sekali lagi. Klik “Accept” untuk menyetujuinya.


13. Selanjutnya Anda diminta untuk mengkonfirmasi proses installasi SLES. Klik tombol “Install” untuk memulai proses.


14. Selanjutnya installer akan segera memulai proses installasi SLES ke server Anda. Proses ini memakan waktu beberapa saat, tergantung pada seberapa cepat server Anda. Yang dapat dilakukan pada saat proses ini adalah menunggu.


15. Jika semua berjalan lancar, langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat password root untuk sistem SLES. Karena untuk untuk kebutuhan server, maka buatlah password yang kuat dan tidak mudah ditebak, seperti misalnya mengabungkan karakter angka, huruf, dan karakter khusus. Contohnya:Yuezhaloverz, dan lain-lain.


16. Setelah ini installer akan meminta Anda untuk menentukan nama host dan domain untuk server Anda.


17. Pada langkah ini Anda diminta untuk melakukan konfigurasi jaringan. Yang perlu Anda lakukan disini adalah mematikan firewall dengan cara klik pada tulisan “Disable” pada firewall.


18. Setelah Anda melewati proses pengetesan koneksi jaringan, pembuatan sertifikat keamanan, dan proses metode authentifikasi, Anda akan diminta untuk membuat nama user dan passwordnya yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi SLES nantinya.


19. Setelah Anda membaca release note dari SLES, dan melakukan proses konfigurasi perangkat keras. Maka proses instalasi SLES di server Anda selesai.


20. Setelah semuanya berjalan sebagai mana mestinya, sekarang Anda sudah dapat login dan menggunakan SLES Anda, dan siap untuk dikonfigurasi tahap lanjut untuk keperluan menginstall mail server dengan Zimbra.


Bagi pembaca yang belum mengerti bagaimana tahap Installasi Zimbra dengan versi gratisnya, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini penulis bisa menyusunnya dalam artikel.  Di sebabkan tutorialnya juga sangat panjang, selain ZImbra SUSE juga bisa di gunakan untuk berbagai kegiatan seperti mengolah data atau pun perangkat multimedia lainnya. Dan yang terutama tentu saja bebas Virus.


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone