Lima Cara Menjalankan Program dan Game Windows di GARUDA


GARUDA sudah diperlengkapi dengan banyak program aplikasi serta game dari berbagai kategori. Namun bukan tidak mungkin suatu saat Anda ingin menjalankan ataupun menginstal program dan game berbasis Windows.
Ada banyak program dan game Windows yang bisa dijalankan di GARUDA seperti halnya Anda menjalankannya di Windows. Sebut saja beberapa diantaranya : MS Office, Photoshop, Dreamweaver, Winrar, Nero dan juga game-game seperti Counter Strike, Warcraft, PES, dan masih banyak lagi.
Untuk menjalankan program berbasis Windows ini juga ada banyak caranya. Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan program dan game berbasis Windows di GARUDA :
  • Dolphin : Jalankan program manajer file di GARUDA yang bernama Dolphin dan kemudian buka direktori dimana program berbasis Windows berada. Klik dua kali file tersebut dan kemudian ikuti petunjuk di layar seperti halnya Anda melakukannya di Windows.
  • WineFile merupakan program manajer file duplikat dari File Explorer Windows. Untuk menjalankan winefile, klik menu Start dan ketikkanwinefile di kotak Search. Jalankan program File Manager yang muncul di daftar pencarian kemudian tentukan dimana lokasi program Windows berada dan  klik nama file dua kali untuk menjalankannya.
  • Terminal : Buka program Terminal / Konsol dari Dolphin ataupun dari kotak pencarian Search di menu Start. Kemudian pindah ke lokasi direktori dimana program Windows berada dan jalankan program ini dengan mengetikkan perintah wine namafile.exe.
  • Play On Linux : Program ini mempunyai database aplikasi Windows yang cukup lengkap. Untuk memulai program ini, cukup dengan mengetikkan play on di kotak pencarian menu Start. Kemudian pilih kategori program serta nama program yang ingin anda install.
  • Virtual Box adalah program virtualisasi yang bisa digunakan untuk menginstal sistem operasi lain seperti Windows. Dengan Windows terinstal di GARUDA, secara otomatis Anda bisa menjalankan semua program ataupun game berbasis Windows yang tidak dapat dijalankan dengan cara sebelumnya. Panduan langkah demi langkah instalasi Windows di GARUDA dengan menggunakan Virtual Box bisa Anda temukan di Buku Panduan GARUDA.
  • play on linux - menjalankan program dan game windows dengan GUI wine
Menjalankan program dan game Windows dengan GUI WINE
winefile - File Manager Windows di Garuda OS
WineFile – File Manager Windows di Garuda OS
Menginstal Windows di GARUDA dengan menggunakan Virtual Box
Menginstal Windows di GARUDA dengan menggunakan Virtual Box


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air