Selasa, 20 Maret 2012

Enhorabona Messi!

Selasa, 20 Maret 2012


BARCELONA – Ucapan selamat khusus teruntuk Lionel Messi harus dilayangkan dini hari ini. Selain membawa timnya menang 5-3 atas Granada, hattrick Messi juga sekaligus menambah koleksi golnya menjadi 234 gol di jornada ke-28, melampaui rekor gol legenda Barca, César Rodríguez.

Barca membuka kemenangan dari sebuah umpan panjang dari sisi sayap Barca yang sempat mengarah ke Lionel Messi yang langsung disodorkan kembali lewat sundulannya kepada Xavi Hernández yang berada di muka gawang. Tendangan first time Xavi lantas tak terhadang kiper Granada, Julio Cesar yang akhirnya membuahkan gol pertama di menit ke-4.

Gol kedua datang dari Messi di menit ke-17 berbuah.Berawal dari crossing Isaac Cuenca, Messi tak kesulitan mengkonversi peluangnya dengan sepakan first time-nya. Meski sempat membentur tiang, tapi bola meluncur merobek gawang Granada. Golnya ini sekaligus menyamai rekor gol legenda Barca, César Rodríguez dengan 232 gol untuk Barca.

Adapun tim tamu, tak lagi punya peluang emas setelah di menit pertama tadi. Sepanjang 45 menit babak pertama, tim asuhan Abel Resino itu terus-terusan tertekan Barca yang melancarkan pressing ketat sejak lini tengah. Hingga turun minum, papan skor tetap bergeming 2-0 untuk tuan rumah.

Di babak kedua, El Messiah kembali menjadi momok bagi Rojiblancos Horizontales pada menit ke-53. Kerja samanya dengan Cuenca nyaris membuahkan gol ketiga Barca, sekaligus gol ke-233 Messi. Tapi sayang, assist dari Cuenca gagal berbuah gol, sontekan Messi terlampau lemah dan menyasar ke kiri luar gawang Granada.

Tim tamu mulai berani keluar menyerang. Bahkan di menit ke-55, Granada memperkecil kedudukan menjadi 2-1, lewat sundulan Diego Mainz yang menyambut umpan tendangan bebas Carlos Martins.

Di menit ke-60, Barca kembali mendapat peluang melalui kepala Gerard Piqué. Kekasih artis Shakira itu melakukan overlap ketika terjadi tendangan bebas. Tapi sayang, kiper Cesar berada dalam posisi yang tepat untuk memetik tandukan Piqué.

Barca berada dalam bahaya saat laga memasuki menit ke-61. Pelanggaran Dani Alves terhadap Dani Benítez di kotak terlarang, membuahkan tarjeta amarilla (kartu kuning) sekaligus tendangan dari titik putih.

Semenit kemudian, Guilherme Siqueira yang dipercaya menjadi algojo, tak menyianyiakan peluangnya. Tendangan kaki kirinya sukses memperdaya Valdés yang bergerak ke kiri sementara bola mengarah ke kanan gawang Barca. Skor pun berubah, 2-2 untuk kedua tim.

Publik Katalan kembali bergemuruh di menit ke-67 ketika sang idola, Messi kembali menyajikan aksinya yang berbuah gol ketiga di laga kali ini. Berawal dari umpan lop Dani Alves yang menyasar ke kaki Messi, sontak sang mega bintang men-chop bola untuk memperdaya Cesar di depan gawang.

Layar besar di Camp Nou pun memancang gambar Messi bertuliskan 'Enhorabona Leo!', yang berarti ucapan selamat. Pasalnya, gol keduanya malam itu sekaligus menambah perbendaharaan golnya menjadi 233 gol, melampaui kepunyaan mendiang legenda Barca, César Rodríguez.

Kucuran gol tuan rumah ternyatan tak berhenti sampai di situ. Pemain pengganti yang baru masuk, Cristian Tello juga menjadi aktor penting dalam pesta gol Barca kali ini untuk merubah kedudukan menjadi 4-2 di menit ke-82.

Di awali akselerasi Messi yang berujung pada spekulasi sepakan, bola sempat dimentahkan kiper Cesar. Nahas bagi El Graná, Tello berada di posisi yang tepat untuk melakukan rebound dan bola pun menyasar ke sarang Granada untuk keempat kalinya.

Pesta gol masih membakar semangat para jugador Barca untuk terus merong-rong gawang Granada. Messi mencetak Hattrick sekaligus golnya yang ke-234 pada menit ke-86. Assist Dani Alves dimaksimalkan Messi untuk kembali memperdaya Cesar dan tak lama, sontekan Messi pun mengerahkan bola ke jala gawang Granada.

Tapi keunggulan besar Barca kali ini harus dibayar mahal dengan dikartumerahkannya Alves di menit ke-88. Alves tertangkap basah menahan bola dengan tangannya di kotak penalti dan membuahkan penalti kedua bagi tim tamu.

Siqueira pun kembali tak membuang peluangnya untuk mengubah kedudukan menjadi 3-5 setelah lagi-lagi menipu Valdés, semenit setelah wasit José Antonio Teixeira Vitienes mengusir Alves dari lapangan.

Hingga akhir, skor bertahan untuk keunggulan 5-3 bagi Barca. Kemenangan ini juga merapatkan posisi Barca terhadap sang rival, Real Madrid yang kini hanya berjarak lima poin di klasemen La Liga.

Susunan Pemain:
Barcelona: 
Víctor Valdés, Carles Puyol, Daniel Alves, Adriano Correia/Javier Mascherano (46’), Gerard Piqué, Xavi Hernández, Seydou Kéita, Thiago Alcântara/ Andrés Iniesta (72’), Lionel Messi Alexis Sánchez/Cristian Tello (72’), Isaac Cuenca

Granada: Julio Cesar, David Cortés, Guilherme Siqueira, Diego Mainz, Borja Gómez, Moisés Hurtado/ Abel Gómez (71’), Carlos Martins, Dani Benítez, Mikel Rico, Odion Ighalo/Alexandre Geijo (77’), Franco Jara/Ikechukwu Uche (46’).

Hasil La Liga Lainnya (21/3/2012):
Osasuna 0-0 Getafe 


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone