Langkah Seagate Menuju Hard Disk 60 Terabytes


Pernah membayangkan hard diskberkapasitas 60 terabytes? Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, media penyimpanan selega itu bukan mustahil diwujudkan.
Langkah menuju ke sana telah dilakukan lewat keberhasilan Seagate mencapai kepadatan penyimpanan data sebesar 1 terabit (setara 1 miliar bit) per inci persegi.
Artinya, generasi pertama hard disk ini dapat memuat data hingga 6TB atau dua kali lipat dari kapasitas maksimal yang dipunyai hard disk di pasaran saat ini (3TB).
Sementara itu, untuk hard disk 2,5 inci, Seagate sanggup memproduksi peranti sebesar 2TB atau lebih dari dua kali lipat ruang maksimal saat ini (750GB).
Secara teoretis, teknologi yang ditemukan Seagate mampu diperbesar skalabilitasnya hingga 30 – 60TB untuk hard disk 3,5 inci dan 10 – 20TB untuk hard disk 2,5 inci.
“Pertumbuhan media sosial, mesin pencarian, komputasi awan, rich media, dan aplikasi haus-data lainnya memicu kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang lebih luas,” ujar Mark Re (Senior VP of Heads and Media Research and Development, Seagate) dalam keterangan pers.
Pencapaian ini dimungkinkan berkat teknologi perekaman data masa depan, Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR). Teknologi ini dipersiapkan untuk menggantikan Perpendicular Magnetic Recording (PMR) yang umum dipakai sejak tahun 2006.
“Inovasi hard disk seperti HAMR akan menjadi kunci penggerak perkembangan aplikasi-aplikasi yang banyak mengonsumsi data pada masa depan, memperluas cara bisnis dan konsumen memakai, mengelola, dan menyimpan konten digital,” imbuh Mark.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air