Senin, 19 Maret 2012

Mengenal Spyware

Senin, 19 Maret 2012


Spyware merupakan program yang dibuat dengan tujuan untuk memata-matai (spy). Spyware bukanlah suatu ancaman biasa, namun bisa jadi sangat berbahaya karena sesuai dengan namanya, spyware sangat mengancam privasi dan bisa menurunkan kinerja suatu system & jaringan 


Spyware telah merajalela sejak tahun 1994. Saat itu, SPYWARE yang cukup terkenal digunakan adalah Gator. Spyware ini masih exist sampai saat ini. Sejalan dengan perkembangan teknologi, semulanya spyware ditujukan untuk bisnis periklanan. Namun kini semua telah berubah, spyrware digunakan unuk tujuan destructive.

Kategori Spyware 

SPYWARE memiliki beberapa kategori, yaitu:

1. Trojan / backdoor 

2. Adware 

3. Keylogger 

4. DDoS agent (zombie)

5. Sniffer, password cracker 

6. Browser Helper Object 

7. P2P contohnya kazaa. 

8. RAT – Remote Access Tool/Trojan. 

Kalau kita lihat ada yang overlapping dengan solusi anti-virus yaitu di bagian trojan. Solusi anti-virus umumnya bisa mendeteksi keberadaan trojan di dalam sistem kita. Namun untuk kategori lain seperti adware, P2P, hacker tools, umumnya anti virus tidak memasukkan kategori ini di dalam deteksi mereka. 

Lalu kenapa tool seperti sniffer digolongkan ke dalam spyware? Ada alasan di belakangnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa tool sniffer bisa mempunyai dua sisi yaitu sisi yang baik atau berguna bagi administrator. 

Sniffer bisa digunakan oleh administrator untuk melakukan ‘tracing’ atau analisa paket di jaringan mereka. Network Load utility yang untuk mengetahui kapasitas bandwidth juga menggunakan teknologi sniffer. Tool IDS – Intrusion Detection System yang berbasis network juga menggunakan teknologi sniffer untuk mendeteksi adanya intrusion di satu jaringan. 

Namun di sisi lain ternyata sniffer bisa digunakan untuk tujuan yang tidak baik misalnya untuk sniffing user-id dan password yang digunakan di suatu jaringan. Sehingga apabila sistem authentication yang ada tidak menggunakan enkripsi untuk password dan user-id atau berupa ‘plain-text’ maka sniffer dapat dengan mudah melihat user-id dan password tersebut. 

Selain itu ada kategori spyware yang orang dengan senang hati untuk meng-installnya yaitu P2P – Point to Point software seperti contohnya adalah Kazaa – P2P untuk sharing file yang sangat populer. Di dalam Kazaa ini banyak sekali terdapat adware – software iklan – karena di situlah mereka mendapatkan profit. Kategori ini yang dimasukkan ke dalam ‘user awareness installation’ artinya user yang melakukan atau trigger instalasi sendiri bukan via embedded installation misalnya saat lakukan download atau akses ke Internet. 

Untuk itu, WASPADALAH...!!!! :-)


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone