Cara Mengatasi Sound Laptop Yang Mati


Info Seputar Indonesia - Saat ini hampir setiap orang dari kalangan konglomerat hingga rakyat jelata sudah mengenal laptop. Laptop merupakan komputer jinjing yang dapat dibawa kemana-mana dan dengan segudang fasilitas yang sangat dibutuhkan. Mungkin sebagian dari sobat Info Seputar Indonesia menggunakan laptop untuk urusan pekerjaan hingga hanya sekedar menyalurkan hobi game atau menonton film dan video.
Namun menjamurnya berbagai merk laptop tidak serta merta menjamin kualitas dari laptop tersebut. Biasanya salah satu masalah yang ditemui ialah sound laptop mati atau tidak berfungsi. Dari berbagai merk laptop misalnya Acer, Toshiba, Dell, Lonovo, dll pasti pernah mengalami hal serupa. Terkadang permasalahan yang sering muncul dari sound laptop selain mati adalah bunyi sound yang terlalu kecilsound tidak keluar suara atau bahkan bunyi sound laptop hilang.
Mungkin sebagian dari sobat Info Seputar Indonesia pernah mengalami sound laptop kesayangan tidak berfungsi optimal alias mati. Rasanya pasti sangat menjengkelkan, terlebih lagi bagi sobat yang gemar menonton film ataupun yang sekedar mendengarkan musik saja. Namun sobat Pusat Teknologi tak perlu panik dahulu jika mengalami hal demikian. Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kelainan pada sound sobat Pusat Teknologi, antara lain:
  • Cek pengaturan volume suara pada laptop sobat. Jika tiba-tiba suara sound laptop tidak berbunyi maka hal pertama yang perlu sobat lakukan ialah memeriksa volume sound, mungkin saja secara tidak sengaja sobat mematikan atau megecilkan volumenya. Pengecekan dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Fn dan icon volume (biasanya berwarna biru) secara berulang dimana tombol tersebut terdapat pada keyboard. Jika sobat kesulitan, tekan icon sound pada tray icon di pojok kanan bawah windows.
  • Lakukan pengecekan menggunakan headset atau speaker eksternal. Jika cara pertama belum berhasil maka yang perlu sobat lakukan adalah melakukan pengecekan menggunakan headset atau speaker eksternal. Nantinya headset tersebut akan ditancapkan pada socket laptop sobat. Jika ternyata headset atau sound eksternal berbunyi atau ada suara yang keluar maka kerusakan terletak pada sound atau speaker laptop Anda.
  • Jika cara diatas tidak berhasil maka sobat perlu melakukan cek terhadap driver sound laptop sobat. Cara yang paling mudah, sobat Pusat Teknologi dapat menginstall ulang driver sound card yang biasanya telah disediakan saat sobat membeli laptop baru, biasanya berupa kepingan CD. Jika sobat tidak menemukannya, sobat Pusat Teknologi dapat mendownload drivernya di situs resmi laptop yang sobat gunakan. Namun sebelumnya, sobat Info Seputar Indonesia harus menguninstall driver sound yang telah ada kemudian install kembali driver yang Anda temukan tadi.
Cara uninstall driver sound laptop Anda :
  • Buka menu start
  • Lakukan klik kanan pada tab My Computer pilih Manage
mengatasi sound laptop mati, tidak berfungsi, error, bermasalah
  • Setelah itu Anda akan masuk pada Computer Management
  • Pada tab sebelah kiri ada beberapa pilihan, pilih Device Manager
  • Dalam tab tersebut terdapat beberapa driver lapto Anda, carilah Sound, video and game controllers
mengatasi sound laptop bermasalah, mati, error, kecil, tidak berfungsi
  • Setelah itu pilih tab driver, klik kanan dan unistall
  • Jika beberapa cara diatas tidak berhasil memperbaiki masalah sound laptop sobat yang mati maka segera bawa laptop kesayangan sobat ke service resmi laptop. Cara terakhir yang dapat sobat lakukan untuk menyelamatkan laptop Anda.
Seperti pada beberapa perangkat keras lainnya, laptop pun memiliki beberapa kompunen yang rentan akan kerusakan, satu diantaranya adalah sound atau speaker. Oleh karena itu pengecekan dan perawatan secara rutin akan dapat membuat laptop sobat awet dan tahan lama. Semoga artikel tips dan trik ini bermanfaat bagi sebat semua. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air