Rabu, 11 April 2012

AOL Jual 800 Patennya ke Microsoft

Rabu, 11 April 2012


AOL dan Microsoft telah mencapai kesepakatan penjualan sekitar 800 paten teknologi AOL ke Microsoft dan hanya menyisakan 300 paten pada beberapa sektor bisnis mereka.
“Kesepakatan dengan Microsoft merupakan puncak dari proses lelang yang kuat untuk portofolio paten kami," kata Tim Armstrong, CEO AOL.
Penjualan tersebut memungkinkan pihak AOL untuk terus melanjutkan kerja sama mereka dengan para pemegang sahamnya. Pasalnya, sebelum ini, AOL memang telah mengumumkan niatnya untuk menjual paten mereka guna mendapatkan uang tunai tambahan. Hal ini dikarenakan selama dua tahun terakhir, mereka mengalami penurunan pendapatan.
Pada tahun 2010 dilaporkan AOL mengalami kerugian sekitar US$783 juta. Di tahun 2011, AOL melaporkan pendapatan sebesar US$ 2,2 miliar dan laba bersih sebesar US$ 13,1 juta. Angka tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2010 sekitar US$ 802 juta.
Dengan menjual patennya, AOL mendapatkan dana segar sebesar US$ 1,1 miliar atau sekitar 10 triliun rupiah. Penjualan paten ini juga membawa keuntungan lain bagi AOL. Terbukti setelahnya, saham AOL naik sekitar 37% dari US$18,42 menjadi US$25,16 per saham.
Microsoft sendiri melihat penjualan paten AOL sebagai peluang yang cukup bagus. Brad Smith, Penasihan Umum dan Executive Vice President Microsoft, mengatakan, "Ini adalah portofolio berharga yang telah kami ikuti selama beberapa tahun dan telah kami analisis selama beberapa bulan terakhir."
Pembelian paten yang dilakukan Microsoft bertujuan untuk memperkuat beberapa sektor bisnisnya agar terus dapat bertarung dengan para kompetitor. Karena nantinya, paten ini bisa diaplikasikan pada teknologi yang sudah ada sehingga menjadi produk yang makin tangguh di pasaran.


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone