Tips Menjaga Kemanan Belanja Online di Internet


Belanja Online di internet sepertinya sudah jadi tren belakangan ini. Selain cepat, tidak berjubel, tidak antri dan kemudahan dalam bertransaksi menjadi penyebab utama kenapa orang lebih suka belanja online.
Tapi benarkah belanja online itu aman menurut sobat Pusat Teknologi? Ternyata belum tentu. Kadang kala barang yang kita beli, misalkan Samsung Galaxy Tab, tidak sesuai dengan barang pesanan kita atau bahkan kita sendiri yang menjadi korban penipuan dari penyalahgunaan kartu kredit saat digunakan berbelanja online.
Berikut beberapa tips aman belanja online di internet:
  • Jangan terlalu mudah memberi Identitas
Jangan terlalu cepat untuk mengisi data pribadi sobat Pusat Teknologi, data-data tersebut bisa berupa data KTP, nomor rekening bank / kartu kredit, nomor ATM, maupun nomor handphone. Yah, untuk berjaga-jaga saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pastikan situs yang sobat kunjungi bukan situs abal-abal.
  • Perbandingkan Harga
Sebelum membeli barang secara online, ada baiknya sobat Pusat Teknologi membandingkan dulu harganya dengan harga normal maupun harga di tempat lain. Pastikan bahwa tidak ada perbedaan harga yang terlalu signifikan, artinya terlalu mahal atau terlalu murah.
  • Lakukan Riset Lebih Dalam
Sebelum memutuskan membeli barang, telitilah keadaan toko online itu. Apakah banyak yang pesan atau tidak. Kamu bisa cek mulai dari alamat tokonya, alamat email, YM, nomor handphone, atau bahkan whois domain dari toko online tersebut. Pokoknya semua faktor harus dicek dengan benar.
  • Teliti Barang Sebelum Membeli
Setiap toko online punya kebijakan atau peraturan tentang tata cara jual beli. Ada baiknya pilih toko online yang menyediakan fasilitas layanan retur barang apabila barang rusak dan bergaransi. Sehingga kalau barang yang sampai ke rumah kamu rusak, bisa dikembalikan atau ditukar kembali.
  • Systemnya Bagaimana
Toko online tersebut menawarkan fasilitas atau layanan yang bisa diterima oleh konsumen atau tidak. Apakah layanan COD, sistem transfer ATM, atau sistem Rekening Bersama. Juga teliti cara pengiriman barang hingga sampai di rumah kita.
  • Gunakan Paypal
Untuk kamu yang suka belanja lewat toko online di luar negeri, seperti ebay atau amazon ada baiknya gunakan layanan Paypal. Kalau belum punya segeralah membuatnya.
  • Bersihkan Cache
Bersihkan selalu cache di komputer sobat Pusat Teknologi agar data-data pribadi yang dikirimkan ke toko online bisa segera dihapus dan tidak meninggalkan jejak sama sekali.
Demikian tips aman belanja online. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air