Cara Mengoperasikan Komputer Operating System DOS


Apa kabar sobat penggemar belajar komputer? Kita bertemu lagi dalam tips dan trik belajar komputer untuk pemula. Artikel kali ini akan menjelaskan cara mengoperasikan komputer yang menggunakan operating systen DOS. Mengapa DOS masih dipakai untuk belajar komputer? Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan bahwa DOS merupakan pengetahuan komputer dasar dan menjadi awal mula perkembangan program komputer canggih saat ini.
Saat ini mungkin kebanyakan pekerja pengguna komputer sudah makin jarang menggunakan DOS saat mereka bekerja. Aplikasi Windows telah muncul dalam beragam nama dan fungsinya masing-masing. Namun tidak bagi calon computer programmer. Mereka berkepentingan mengetahui cara mengoperasikan komputer yang menggunakan operating system DOS. Lalu, bagaimana cara menghidupkan komputer yang menggunakan DOS?
• Memasukkan disket yang berisikan system DOS pada drive A, setelah itu tutup kunci drive.
• Memasang disket data pada drive B dan menutup kunci drive.
• Menghidupkan CPU (Central Processing Unit).
• Menghidupkan monitor atau screen.
• Menunggu informasi dari komputer, jika proses booting berhasil maka akan muncul proses pengisian tanggal pemakaian komputer.
Current date is Tue 1-01-1980
Enter New Date (mm-dd-yy):
Caranya ketiklah: bulan-tanggal-tahun (return)
Contoh: 01-28-1990 atau 1-28-90
01/27/1990 atau 1/27/90
• Mengisi waktu:
Current time is 0:00:12:02
Enter new time:
Caranya ketiklah:
(jam):(menit):(detik).(seperseratus detik) (return)
Contoh: 07:30:45.55 (return)
Setelah pengisian tanggal dan waktu selesai maka dilayar akan muncul informasi The IBM Personal Computer DOS Version 3.10 Copyright International Business Corp. 1981, 1985 Copyright Microsoft Corp. 1981,1985
Versi DOS diatas mungkin tampak berbeda antara satu komputer dengan yang lain tergantung kapan Anda membeli atau melakukan upgrade. Jangan bingung dengan perbedaan tersebut, karena pada dasarnya setiap versi terdapat buku petunjuk yang bisa Anda pelajari secara detail. Semoga tips belajar komputer mengenai cara menghidupkan komputer operating system DOS ini bisa berguna untuk Anda. Ayo belajar komputer!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air