Google Drive, Layanan Simpan Data Gratis Hingga 5 GB


Di tengah popularitas Dropbox, Sugarsync, dan Box.net yang kian merajalela, Google rupanya ingin ikut meramaikan layanan penyimpanan data dicloud melalui Google Drive.
Di dalam Google Drive, pengguna bisa menyimpan data secara cuma-cuma hingga 5 GB dengan penambahan kapasitas akan dikenai biaya tertentu.
Kapasitas 5 GB ini menyamai ruang penyimpanan gratis yang disediakan Sugarsync dan Box.net serta melebihi penawaran Dropbox(pemimpin di pasar layanan online storage) sebesar 2 GB.
Akan tetapi, Dropbox memberikan pilihan bagi pengguna yang tidak ingin membayar biaya tambahan bila ingin menambah kapasitas. Caranya, pengguna bisa membagikan tautanreferral di jejaring sosial untuk mengundang temannya mendaftar di Dropbox. 
Kabar mengenai hadirnya layanan Google Drive ini telah diberitakan oleh sejumlah situs berita teknologi terkemuka. Screenshot antarmuka layanan ini diunggah di situs TalkAndroid, beberapa pekan lalu.
Di dalam antarmuka itu, tertulis slogan “All your files – everywhere” yang menyebutkan bahwa pengguna dapat menyimpan data di Google Drive, untuk kemudian mengaksesnya dari mana saja, baik lewat desktop, ponsel, tablet, maupun situs http://drive.google.com (saat ini belum bisa diakses).
Tertulis juga bahwa jika pengguna melakukan update terhadap satu file, perubahan itu langsung diaplikasikan di semua tempat penyimpanan.
Menurut situs TheNextWeb, Google Drive versi beta diperkirakan akan mulai tersedia untuk umum mulai hari Selasa atau Rabu pekan depan.
Google Drive bakal mendukung interoperabilitas antarplatform, baik di desktop (Windows dan Mac) maupun mobile (Android dan iOS). Bahkan, terdapat fasilitas penyuntingan dokumen (in-app document editing) di aplikasi Android-nya

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air