Sabtu, 18 Februari 2012

Keuntungan dan Kerugian Ganti Domain

Sabtu, 18 Februari 2012

Domain ini sendiri merupakan alamat website atau blog. Contoh domain yang saya pakai dulu kowandy.blogspot.com dan sekarang kowandy.com. Banyak pertimbangan dari saya sebelum mengganti domain blog mengingat statistik blog saya yang dulu lumayan bagus dan mendapat page rank 2 dari mbah google kurun waktu 2 bulan. Nah, karena komitmen yang panjang, maka hari ini saya mengganti domain blogspot ke com. Sebenarnya banyak sisi kerugian dan juga keuntungan dari mengganti domain tersebut. Simak ulasan saya berikut di bawah.

keuntungan dan kerugian ganti domain


Keuntungan Ganti Domain
  •     Blog dengan subdomain gratis dari blogger seperti kowandy.blogspot.com. Jika menggantinya ke TLD (Top Level Domain) maka kita tidak akan kehilangan visitor, karena visitor yang mengakses alamat blogspot.com akan di redirect (diteruskan) ke alamat blog kita yang baru. Mungkin saja visitor tidak akan sadar kalau alamat blog sudah berubah, karena proses redirect begitu cepat.
  •     Domain dengan TLD (Top Level Domain) contohnya ekstensi COM, maka semua search engine akan cepat mengindeksnya (tergantung dari cara kita juga), contohnya saja blog kowandy.com ini, yang semula visitor mendominasi dari search engine Google sendiri, Tapi sewaktu kowandy berubah ke kowandy.com, ada beberapa visitor dengan search engine seperti yahoo dan bing. Jadi proses pergantian domain akan membuat visitor dari search engine lebih beragam.
  •     Domain TLD contohnya ekstensi COM, yang merupakan domain yang umum digunakan, akan mendatangkan visitor dari berbagai belahan dunia.
  •     Domain TLD juga tidak terbatas pada program-program yang bisa mendatangkan keuntungan untuk blog seperti adsense yang mengharuskan menggunakan TLD (Top Level Domain), sehingga blog juga bisa ikut berpartisipasi.
  •     Bila punya modal lebih bagus, mengganti Domain ke Domain TLD yang sudah lama diolah oleh seseorang dalam hal ini umur, PR , Alexa Rank sudah ada, tapi harga lumayan agak mahal, tapi Domain seperti ini banyak yang jual, karena banyak juga peminatnya, jadi misalnya domain blogspot anda yang tadinya memiliki PR yang rendah, bisa langsung membeli Domain TLD yang sudah mempunyai PR tinggi, sehingga blog lebih mantap untuk optimasi untuk keperluan tertentu.

  •     Mungkin awal kita nge-Blog cuman iseng saja, tanpa sengaja blog kita menjadi terkenal dengan update-update postingan menarik, maka akan sangat sayang bila di ganti ke domain yang baru, dimana berakibat Pagerank dan Alexa Rank.
  •     Backlink dari blogspot yang sudah ditanam sejak lama, akan ikut hilang seiring dengan pergantian domain yang dilakukan.
  •     Proses pengindeksan oleh search engine yang tadinya sudah bagus, akan menjadi amburadul akibat pergantian domain yang dilakukan.

  •     Apabila teman-teman baru akan membuat blog dengan CMS tertentu, entah blogger, wordpress, dan lain-lain, pikirkan dulu blog ini nantinya untuk apa, kalau perlu dan ada modal, saya sarankan langsung saja customisasi ke domain TLD.
  •     Apabila blog dengan domain blogspot sudah terlanjur jalan, tiba-tiba teman-teman ingin melakukan pergantian domain, silahkan saja, proses untuk menormalkan sikon blog apakah itu search engine atau visitor, dalam jangka relatif singkat, blog akan menjadi normal.
  •     Satu lagi, setelah pergantian domain keep posting saja, postingan seperti biasa agar search engine lebih bersahabat lagi.
  •     Jangan lupa manfaatkan webmaster tool dari setiap search engine (bing, google, dan lain-lain) seperti add url, add site, add sitemap, untuk membantu mempercepat proses pengindeksan ulang domain yang baru.
semoga Keuntungan dan Kerugian Ganti Domain bermanfaat buat anda.

Salam: YuezhaLoverz


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone