Minggu, 29 Januari 2012

Michael Moore, Raja Film Dokumenter Penentang Arus

Minggu, 29 Januari 2012

Michael Francis Moore, demikian nama lengkap sineas asal Amerika tersebut. Moore dilahirkan pada tanggal 23 April Tahun 1954. Ia adalah seorang penulis dan pembuat film yang berbasis kritik sosial. Film karya Moore yang sering ditonton oleh jutaan penduduk dunia, diantaranya Fahrenheit 9/11, Bowling for Columbine, Sicko, Capitalism a Love Story dan lain-lain. Moore juga kita kenal sebagai orang yang mengkritik pedas globalisasi, perang dan tentu saja sistem kapitalisme yang begitu menyeramkan bagi masyarakat dunia. 

Bahkan film dokumenter “Fahrenheit 9/11” yang dibuat pada tahun 2004 silam, hingga kini tercatat sebagai film dokumenter terlaris sepanjang masa dengan penghasilan AS$ 222 juta dari seluruh dunia. Film ini sendiri menceritakan situasi Amerika Serikat pasca serangan 11 September 2011, khususnya mengenai catatan pemerintahan Bush, termasuk dugaan keterhubungan antara keluarga Georgo W. Bush dengan Osama Bin Laden. Film ini juga sempat meraih penghargaan di ajang festival film Cannes tahun 2004. Suatu penghargaan yang tidak pernah didapatkan oleh film dokumenter sejak tahun 1956. 

Film terkenal lain dan sempat menghebohkan seantero Amerika adalah “Sicko”. Film dokumenter yang dibuat pada tahun 2007 ini, merupakan dokumentasi buruknya sistem perawatan kesehatan Amerika. Moore secara lugas menelanjangi kebohongan propaganda negeri induk kapitalisme tersebut. Bahkan titik klimaks dari film ini, adalah ketika para pekerja penyelemat tragedi 11 september 2011 yang sedang sakit kronis, justru menjadi tersisih di negaranya sendiri, dan akhirnya memilih layanan kesehatan gratis dari Cuba, negara yang selama ini menjadi musuh abadi Amerika Serikat. 

Pada tahun 2009, Moore kembali merilis film dokumenter terbarunya yang berjudul, “Capitalism a Love Story”. Film ini menceritakan soal krisis ekonomi yang melanda Amerika dipenghujung tahun 2000-an, disaat masa transisi Pemerintahan Bush ke Pemerintahan Obama. Krisis ekonomi yang terjadi tersebut, digambarkan sebagai kegagalan dari sistem Kapitalisme. 

Ini hanya sedikit dari sekian banyak dari karya Michael Moore, baik dalam bentuk tulisan maupun visual. Yang pasti, film-film karya moore menjadi sebuah bahan tontonan yang patut Anda cermati. Beragam informasi dan pengetahuan baru dapat Anda petik didalamnya. Moore telah merupakan salah satu orang yang berani membongkar ketabuan di negerinya sendiri, negeri yang selama ini digambarkan tanpa cacat, Amerika Serikat. 

Berikut daftar karya Michael Moore yang dapat Anda baca dan tonton sebagai alternatif pengetahuan atas fakta dan kenyataan beberapa kejadian menghebohkan dunia dewasa ini : 

Film : Roger & Me (1989), Pets or Meat: The Return to Flint (1992), Canadian Bacon (1995), The Big One (1997), And Justice for All (1998) (TV), Lucky Numbers (2000) (as actor), Bowling for Columbine (2002), Fahrenheit 9/11 (2004), Sicko (2007), Captain Mike Across America (2007), Slacker Uprising (2008) dan Capitalism: A Love Story (2009). Serial Televisi : (TV Nation - 1994, The Awful Truth – 1999, dan Michael Moore Live - 1999) 

Buku : 
  • Moore, Michael (1996). Downsize This! Random Threats from an Unarmed American. New York: HarperPerennial,
  • Moore, Michael; Glynn, Kathleen (1998). Adventures In A TV Nation. New York: HarperPerennial.
  • Moore, Michael (2002). Stupid White Men ...and Other Sorry Excuses for the State of the Nation!. New York: Regan Books.
  • Moore, Michael (2003). Dude, Where's My Country?. New York: Warner Books.
  • Moore, Michael (2004). Will They Ever Trust Us Again?. New York: Simon & Schuster.
  • Moore, Michael (2004). The Official Fahrenheit 9/11 Reader. New York: Simon & Schuster.
  • Moore, Michael (2008). Mike's Election Guide 2008. New York: Grand Central Publishing.
  • Moore, Michael (2011). Here Comes Trouble: Stories from My Life. New York: Grand Central Publishing.
Atau Anda dapat mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai Michael Moore di situs pribadinya di :http://www.michaelmoore.com/


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone