Minggu, 29 Januari 2012

Ketahui Datang Bulan Dari Suara

Minggu, 29 Januari 2012


Biasanya wanita yang sedang menstruasi dapat diketahui dengan mengamati perilakunya yang sedang moody. 

Ternyata bukan itu saja cara sederhana untuk mengenali apakah seorang perempuan sedang datang bulan. Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dipublikasikan Jurnal Ethologymenyatakan perempuan yang sedang menstruasi bisa diketahui dari suaranya.

Dalam riset tersebut, seorang psikolog bernama Nathan Pipitone dari Adams State College and Gordon Gallup, SUNY-Albany, New York, meminta tiga kelompok pria untuk mendengarkan rekaman suara dari sepuluh wanita yang memiliki siklus menstruasi berbeda. Ada yang sedang datang bulan, masa subur, dan ada pula yang tidak. 

Semua rekaman itu diputar secara acak. Ketiga kelompok pria tadi kemudian diminta menebak suara dari perempuan yang sedang mengalami siklus bulanannya. 

Hasilnya, para pria itu dapat mengenali suara wanita yang sedang datang bulan. "Sebesar 35 persen dugaan mereka benar," kata Pipitone, seperti dikutip Dailymail, Minggu, 29 Januari 2012. "Ini angka yang signifikan."

Dua tahun lalu, ada dua ilmuwan yang memaparkan bahwa suara wanita yang dalam masa subur lebih menarik ketimbang mereka yang dalam masa menstruasi dan setelah haid.

Jurnal Evolution and Human Behaviour tahun 2007 melaporkan penari lap memperoleh uang tip 80 persen lebih banyak ketika sedang berovulasi atau dalam masa subur ketimbang saat datang bulan.

Tahun lalu, sebuah penelitian di Jerman menunjukkan suara perempuan pada periode menstruasi cenderung menjadi lebih berat dan kurang 'bersahabat'.

Menurut para pria yang mendengarkan rekaman tadi, ada empat indikator dalam mengenali suara wanita yang sedang mengalami menstruasi. Yakni, suasana hati (baik vs buruk); kualitas (keras vs lembut); nada (tinggi vs rendah); dan kecepatan bicara (cepat vs lambat).

"Produksi vokal (suara) memang erat hubungannya dengan organ tubuh," kata Pipitone. "Contohnya, sel-sel pangkal tenggorokan itu hampir sama dengan vagina dan memiliki reseptor hormon serupa."


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS