Minggu, 29 Januari 2012

Hatta : Buruh Indonesia Harus Sejahtera

Minggu, 29 Januari 2012


Menko Ekonomi Hatta Rajasa. Foto: Okezone
Menko Ekonomi Hatta Rajasa. Foto: Okezone
JAKARTA - Menko Ekonomi Hatta Rajasa menegaskan jika tenaga kerja, termasuk buruh Indonesia harus sejahtera. Pasalnya, selama ini Indonesia bersaing dengan China soal tenaga kerja yang murah.

"Pekerja kita harus sejahtera, perusahaannya juga harus untung, negaranya harus mendapatkan pajak. Semuanya harus serasi seimbang, mengacu ke situ," ungkap kata Hatta di Kantornya, Jumat (27/1/2012) malam.

Sebelumnya, puluhan ribu buruh melakukan demo hingga memacetkan jalan tol Jakarta-Cikampek. Untuk menghindari kejadian seperti itu terjadi kembali, Hatta mengatakan akan melakukan review soal pengupahan.

Apakah tenaga kerja di Indonesia, termasuk buruh sudah menerima upah yang layak?

"Makanya di butir tadi kita akan mengecek peraturan pemerintah (PP) dan Kemenakertransnya tentang pengupahan itu, dengan benchmark yang baik, dibahas lagi, supaya komprehensif," jelas dia.

Sebagai informasi, pemerintah menyetujui besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bekasi untuk golongan satu sebesar Rp1,491 juta. Kelompok II sebesar Rp1,715 juta dan kelompok III sebesar Rp1,849 juta. Di samping itu, serikat buruh pun berjanji demonstrasi besar-besaran yang terjadi hari ini tidak akan terulang kembali dalam keadaan apapun.

Hatta mengatakan, hal ini dilakukan guna menjaga suasana tetap kondusif dan menjaga investasi serta daya saing. "Serikat pekerja sepakat ini pertama dan terakhir, seberat apapun akan mengacu pada dialog dan menyerahkan pada hukum," tegas Hatta.

Dia menuturkan, jika dalam pelaksanaannya demonstrasi terjadi kembali, maka pihak yang berdemo harus siap menerima akibatnya. "Apabila terjadi pelanggaran akan ditindak secara hukum," tegas dia.


Related Posts :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

HOT NEWS

HOT STORIES

HOT ACTRESS


BACA BERITA is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone