Pohon Mangga Berbuah Pisang Gemparkan Warga Magelang



Berita unik muncul dari daerah Magelang, Pasalnya ditemukan Pohon Mangga Berbuah Pisang. Pohon Mangga Berbuah Pisang Gemparkan Warga Magelang. Warga Dusun Kenteng, Desa Mangunsari Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah geger. Gara-garanya, ada sebuah pohon mangga berbuah majemuk, mirip satu sisir pada tandan pisang!. Pohon mangga yang berbuah unik itu tumbuh di pekarangan pohon mangga milik Bejo Asmoro (45).

Pohon yang berusia lebih dari 3 tahun itu, memiliki tinggi sekitar 7 meter. Dari batang pohon itu, ada sekitar 20 buah mangga yang bergerumbul majemuk, sehingga menyerupai satu sisir pisang.
Pohon mangga berbuah ‘pisang’ itu sudah diketahui Bejo dua pekan lalu. Namun, baru Minggu (27/2/2011) siang ini warga setempat, maupun warga luar desa, tampak ramai mengunjungi kebun Bejo. Mereka penasaran dengan kabar itu dan ingin melihat langsung keunikan pohon tersebut.

”Paska erupsi Merapi, awalnya saya tidak menggubris dengan kemunculan buah ‘pisang’ di pohon mangga saya ini. Saya amati kok semakin besar dan mirip dengan pohon pisang, ya sudah setelah kabar menyebar dari mulut ke mulut akhirnya pekarangan saya kini jadi ramai,” cerita Bejo.

Untuk mengantisipasi rusaknya pohon dan buah ‘pisang’ itu, Bejo lantas meminta tolong warga sekitar untuk memagari sekeliling pohon tersebut menggunakan bambu. Bejo menjelaskan pohon mangga berbuah ‘pisang’ itu baru pertama kali di kebunnya. Bejo pun sempat memetik sebuah ‘pisang’ yang tumbuh. ”Saya sempat memetiknya dan baunya wangi sekali. Makanya saya tidak berani mengutak atik lagi buah yang mirip pisang itu,” jelas Bejo.

Sampai saat ini, Bejo tetap membiarkan pohon mangga yang tumbuh buah pisangnya sebagai tontonan bak pepatah ‘Di mana ada gula, di situ ada semut’. Spekulasi yang bermunculan dari warga pun bermacam-macam. Ada yang menduga, pohon mangga itu ‘berselingkuh’ dengan pisang. Sebab, tidak jauh dari pohon manggga tersebut ditemukan beberapa pohon pisang.

“Bisa jadi sang pohon berselingkuh,”seloroh Bejo.
Puji (23) warga Desa Kalegen, Kecamatan Bandongan, Magelang saat mengunjungi pohon aneh itu mengaku terkejut dan heran. “Baru pertama kali ini saya datang ke sini karena penasaran, apa betul pohon mangga kok berbuah pisang. Setelah saya lihat kok bisa ya seperti ini?” tutur pria yang mendatangi pohon mangga unik bersama anak dan istrinya itu.

Banyaknya warga yang melihat pohon itu membuat Bejo berinisitaif untuk memasang kotak amal di kebunnya. Hasilnya, sumbangan dari warga akan digunakan untuk pembangunan musala yang tak jauh dari rumahnya serta untuk merawat pohon yang unik itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air