Malaysia Klaim Tari Pendet Bali

Malaysia menggunakan tari Pendet Bali dalam promosi tour Malaysia. Hal ini membuat gusar budayawan Indonesia khususnya Bali. Kenapa Malaysia begitu gencar mengakui satu per satu apa yang dimiliki Indonesia. Mulai dari tari Reog, seni Batik, lagu Apuse sampai kepulauan Ambalat. Dan sekarang kembali Malaysia membuat ulah dengan menggunakan tari pendet untuk promosi visit Malaysia.

Entah kita yang terlalu mudah terprovokasi atau memang Malaysia yang selalu memprovokasi, terlalu sering Malaysia membuat ulah terhadap Indonesia. Apakah ada maksud tertentu dari tindakan provokatif Malaysia?. Pemerintah tidak boleh tinggal diam. Harus ada tindakan cepat dan efektif untuk melakukan pendataan terhadap segala kekayaan budaya yang kita miliki, kemudian semua kekayaan budaya kita tersebut di patenkan. Dengan demikian klaim Malaysia atas tari pendet dan kebudayaan lainnya tidak terjadi.

Di sisi lain, masyarakat juga harus kembali mencintai budaya negeri sendiri. Jangan hanya terlena menikmati budaya bangsa lain, tapi budaya sendiri dilupakan. Semoga pemerintah Indonesia dapat segera mengatasi permasalahan tari pendet yang digunakan Malaysia dalam rangka promosi visit Malaysia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air