BMKG Peringatkan Cuaca Buruk Pada 12-14 Januari 2010

Cuaca ekstrim diramalkan akan terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia pada tanggal 12-14 Januari 2010. Hujan disertai angin kencang dan petir diperkirakan akan turun di hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Wilayah yang berpotensi terkena cuaca ekstrim ini adalah Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Pesisir Barat Sumatra bagian Tengah dan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, Jabodetabek, sebagian besar Pulau Jawa, Sulawesi bagian Utara, Selatan dan Tenggara, Bali, NTT bagian Timur, Maluku Utara dan Tenggara, serta Papua bagian Barat dan Utara.

Cuaca buruk ini terjadi karena adanya daerah tekanan rendah di sebelah Utara dan Timur Australia, hal ini membentuk daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian Selatan hingga Laut Banda yang berpengaruh terhadap proses terjadinya awan hujan di wilayah sekitarnya.

Tingginya nilai indeks monsoon Asia mengindikasikan adanya potensi seruakan massa udara dingin ke wilayah Indonesia. Kondisi ini berpengaruh terhadap intensitas pertumbuhan awan - awan hujan di wilayah Indonesia bagian Selatan yang semakin menguat. Selain itu, suhu muka laut di perairan Indonesia masih cukup hangat sehingga mendukung suplai uap air yang cukup bagi pertumbuhan awan - awan hujan tersebut.

Sumber : http://www.bmg.go.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Yang Tidak Bisa Kamu Kunjungi

Kawasaki 150 KLX S

Tips Mengatasi Ponsel Yang Terkena Air